PENINGKATAN KETERAMPILAN MEREVISI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Dwi Yuniawan , 2101412167 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEREVISI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (371kB) | Preview |
Abstract
Hasil pembelajaran merevisi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VII A SMP Ngeri 12 Magelang masih ditemukan nilai yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan karena minat dan motivasi peserta didik dalam merivisi teks eksplanasi masih kurang. Selain itu, peserta didik masih kurang dalam penguasaan aspek-aspek merevisi teks eksplanasi, terutama aspek mekanik (penulisan kalimat, kosa kata, dan ejaan) yang mengakibatkan peserta didik kurang terliti dalam merevisi teks eksplanasi. Fasilitas berbaisi komputer yang ada di sekolah pun masih belum dimanfaatkan secara maksimal seperti proyektor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi, (2) bagaimana peningkatan keterampilan peserta didik, dan (3) bagaimana perubahan sikap peserta didik dalam pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI). Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi, memaparkan peningkatan keterampilan peserta didik, dan menjelaskan perubahan sikap peserta didik dalam pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 12 Magelang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik merevisi teks eksplanasi, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, wawancara guru dan peserta didik, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) pada siklus II diketahui berjalan dengan lebih baik dibanding dengan siklus I. ix Kemudian hasil peningkatan keterampilan merevisi teks eksplanasi pada siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 76,06 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,15 dengan kategori baik. Sikap peserta didik kelas VII A SMP Negeri 12 Magelang selama mengikuti pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) menunjukkan adanya perubahan perilaku menjadi lebih baik. Terlihat perubahan perilaku ke arah positif, baik itu perilaku spiritual maupun perilaku sosial (jujur, tanggung jawab, dan santun). Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data dari hasil observasi sikap yang menunjukkan nilai rata-rata kelas 72,375 dengan kategori cukup pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55 menjadi 81,925 pada siklus II dengan kategori baik. Berkaitan dengan peningkatan hasil penelitian, guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan Team Accelerated Instruction (TAI) yang dapat meningkatkan nilai keterampilan merevisi teks eksplanasi peserta didik. Peserta didik dalam merevisi teks eksplanasi masih sering kurang teliti dalam aspek mekanik (penulisan huruf kapital, ejaan, dan tanda baca). Guru sebagai fasilitator perlu memberikan contoh kesalahan penulisan yang mungkin terjadi dalam teks eksplanasi beserta pembenarannya agar peserta didik bisa lebih teliti dalam merevisi sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia. Para peneliti di bidang pendidikan bahasa hendaknya dapat melakukan penelitian yang serupa dengan metode, teknik, atau model pembelajaran yang berbeda, sehingga dapat sebagai alternatif lain untuk pembelajaran keterampilan merevisi teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan merevisi teks eksplanasi, metode Team Accelerated Instruction (TAI). |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 19:23 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 19:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31531 |
Actions (login required)
View Item |