PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MENGGUNAKAN STRATEGI LIPIRTUP DENGAN MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 KANDEMAN


Miftahul Huda , 2101412164 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MENGGUNAKAN STRATEGI LIPIRTUP DENGAN MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 KANDEMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412164.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (276kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman masih belum optimal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Kandeman masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis naskah drama satu babak, khususnya siswa kelas VII-H SMP Negeri 1 Kandeman. Hal tersebut disebabkan siswa kurang berminat dalam keterampilan menulis naskah drama satu babak. Selain itu, penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tidan tepat dan kurang menarik semakin mengurangi minat siswa dalam menulis naskah drama satu babak. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan dan minat siswa dalam menulis naskah drama satu babak, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan strategi pembelajaran lipirtup dan media film pendek. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis naskah drama satu babak menggunakan strategi pembelajaran lipirtup dengan media film pendek pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman? (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak menggunakan strategi lipirtup dengan media film pendek pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman? (3) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis naskah drama satu babak menggunakan strategi lipirtup dengan media film pendek. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis naskah drama satu babak menggunakan strategi lipirtup dengan media film pendek pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1Kandeman. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis naskah drama satu babak, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan keterampilan menulis naskah drama satu babak semua aspek dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 69,41 dan masuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang ditentukan yaitu 75 sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II. Setelah dilakukan tindakan vii siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 79,93 dan masuk dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, perilaku siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman dalam menulis naskah drama satu babak mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan strategi lipirtup dengan media film pendek dan mengubah perilaku siswa kearah yang lebih positif. Peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat sehingga siswa tertarik dan termotivasi mengikuti pembelajaran. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa dan kondisi lingkungan sekolah. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis naskah drama satu babak. Penelitian bisa dilakukan dengan menggunakan model atau media pembelajaran yang lain sehingga dapat menjadi pilihan alternatil lain dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis naskah drama satu babak, strategi lipirtup, media film pendek, perilaku siswa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 25 Jul 2018 16:58
Last Modified: 25 Jul 2018 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31530

Actions (login required)

View Item View Item