HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS MAWAR KECAMATAN SEMARANG TIMUR


Kiki Maulana , 1401413559 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS MAWAR KECAMATAN SEMARANG TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413559.pdf]
Preview
PDF
Download (821kB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua dan disiplin siswa menjadi salah satu faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang mendapatkan pola asuh yang sesuai dengan karakter dan keadaannya dan didukung dengan disiplin siswa yang baik akan berpengaruh positif terhadap hasil belajarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur (2) menguji hubungan antara disiplin siswa dengan hasil belajar PKn Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur (3) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan disiplin siswa dengan hasil belajar PKn Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur. Penelitian korelasi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Artinya Populasi dalam penelitian ini diambil semua adalah siswa Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur yang berjumlah 91 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample jenuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur. Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi atau sebesar 0,605; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin siswa dengan hasil belajar PKn Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur . Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi atau sebesar 0,470, (3) terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dan disiplin siswa dengan hasil belajar PKn Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa koefisien korelasi atau sebesar 0,605 berada pada kategori sangat kuat. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dan disiplin siswa dengan hasil belajar PKn Kelas V SDN Gugus Mawar Kecamatan Semarang Timur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, disiplin siswa, hasil belajar PKn
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 15:14
Last Modified: 23 Jul 2018 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31521

Actions (login required)

View Item View Item