PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Mutmainnah , 1401413549 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413549.pdf]
Preview
PDF
Download (606kB) | Preview

Abstract

Kinerja guru adalah tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran, yaitu bagaimana seorang guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan menilai hasil belajar. Banyak faktor yang dapat memengaruhi kinerja seorang guru, baik dari dalam maupun dari luar diri seorang guru. Faktor tersebut diantaranya, kompetensi yang dimiliki guru, motivasi berprestasi, iklim kerja, dan gaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal baik guru kelas maupun guru mata pelajaran, sebanyak 119 guru. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (14,377>1,987) dengan pengaruh sebesar 69,70%; (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (11,267>1,987) dengan pengaruh sebesar 58.50%; (4) ada pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (158,347>3,09887) dengan pengaruh sebesar 78,10%. Dapat disimpulkan bahwa: kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kinerja; kompetensi pedagogik; motivasi berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 14:05
Last Modified: 19 Jul 2018 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31501

Actions (login required)

View Item View Item