HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJARDENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS CENDANA KECAMATAN BLORA
Ulfa Mei Juinda , 1401413525 (2017) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJARDENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS CENDANA KECAMATAN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (865kB) | Preview |
Abstract
Fasilitas belajardan motivasi belajar merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Fasilitas belajar yaitu sarana dan prasarana baik langsung maupun tidak yang dapat memperlancar proses pembelajaran. Motivasi belajar adalah dorongan yang berasal dari dalam diri maupun luar diri siswa yang menggerakan untuk melakukan kegiatan belajar.Fasilitas yang memadai dapat menunjang kegiatan pembelajaran, siswa akantermotivasi dan meningkatkan hasil belajarnya. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang dialami oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar.Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1)hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Cendana Kecamatan Blora, (2)hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Cendana Kecamatan Blora, (3)hubungan fasilitas belajar dan motivasi belajar bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDNGugus Cendana Kecamatan Blora. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Cendana Kecamatan Blora. Teknik pengambil sampel, Cluster Sampling dengan caratwo stage cluster sampling dengan sampel 75 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi.Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas.Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi, uji regresi ganda, koefisien determinan parsial dan koefisien determinan simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS,nilai pearson correlation=0,695 dengan signifikansi 0,000 dengan kontribusi sebesar 35,76%, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai pearson correlation=0,532 dengan signifikansi 0,000 dengan kontribusi sebesar 10,95%,(3)ada hubungan yang positif dan signifikan fasilitas belajar dan motivasi belajarbersama-sama dengan hasil belajar IPS, nilaiFhitung sebesar 42,217 dengan nilai signifikansi 0,000dengan kontribusi sebesar 52,70 %. Berdasakan hasil penelitian, simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan fasilitas belajardengan hasil belajar IPS, ada hubungan motivasi belajardengan hasil belajar IPS, dan ada hubungan fasilitas belajar dan motivasi belajar bersama-sama dengan hasil belajar IPS.Saran, hendaknya sekolah lebih mengoptimalkanpenggunaan fasilitas belajar dengan cara menambah fasilitas apabila ada fasilitas yang kurang dan memperbaiki/mengganti apabila ada fasilitas yang rusak, sehingga dapat menumbuhkan motivasi pada siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas belajar, motivasi belajar, hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > L Education (General) > motivation to learn L Education > Educational Institutions > learning facilities |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 13:26 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 13:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31477 |
Actions (login required)
View Item |