KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBASIS TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO


Adib Hermawan , 1401413504 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBASIS TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413504.pdf]
Preview
PDF
Download (955kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan masalah mengenai rendahnya hasil belajar matematika di SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Gajah Demak. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru kurang merangsang minat siswa pada mata pelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran matematika dengan model CTL berbasis teori Bruner efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Gajah Demak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model CTL berbasis teori Bruner terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Gugus pangeran Diponegoro Kecamatan Gajah Demak tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan SDN Gajah kelas 4A sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model CTL berbasis teori Bruner dan SDN Kedondong 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 15 siswa menerapkan model GI. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menggunakan data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu 84 dan 75,20. Keefektifan model CTL didasarkan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t satu pihak kanan. Berdasarkan analisis uji t didapatkan thitung = 2,620 dan ttabel = 2,042, Ha diterima dan Ho ditolak, maka hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model CTL berbasis Bruner lebih efektif dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model GI. Dari hasil uji keefektifan, rata-rata gain pada kelas eksperimen 26,86 dan pada kelas kontrol rata-rata gain sebesar 17,46 serta rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen 0,62 dan pada kelas kontrol rata-rata N-Gain sebesar 0,37 sehingga peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dikategorikan sedang. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika dengan model CTL berbasis teori Bruner mencapai ketuntasan belajar, hasil belajar siswa menggunakan model CTL berbasis teori Bruner lebih efektif daripada menggunakan model GI. Aktivitas siswa dan ketrampilan guru meningkat baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Saran bagi guru yaitu hendaknya menggunakan model pembelajaran yang salah satunya adalah model CTL berbasis teori Bruner pada pembelajaran matematika sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL; keefektifan; matematika; GI
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 18:10
Last Modified: 12 Jul 2018 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31465

Actions (login required)

View Item View Item