HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS SARWO EDI WIBOWO KABUPATEN PURWOREJO


Fatichah Khismilarsih , 1401413500 (2017) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS SARWO EDI WIBOWO KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413500.pdf]
Preview
PDF
Download (911kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPS sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa. Berdasarkan data awal penelitian diketahui persentase ketuntasan belajar IPS di SDN Gugus Sarwo Edi Wibowo Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo adalah 41,5% dari 133 siswa terdapat 62 siswa yang telah mencapai KKM sisanya 71 siswa belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar, (2) mendeskripsikan minat baca (3) mendeskripsikan hasil belajar IPS (4) untuk menguji hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar IPS. (5) untuk menguji hubungan antara minat baca dan hasil belajar IPS. (6) untuk menguji hubungan pemanfaatan sumber belajar dan minat baca dengan hasil belajar IPS (7) untuk menentukan besarnya kontribusi pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar IPS. (8) untuk menentukan besarnya kontribusi minat baca dengan hasil belajar IPS. (9) untuk menentukan besarnya kontribusi pemanfaatan sumber belajar dan minat dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasi. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gugus Sarwo Edi Wibowo Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo yang berjumlah 86 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Pengujian hipotesis menggunakan uji product moment dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil analisis deskriptif menunjukkan (1) skor rata-rata pemanfaatan sumber belajar sebesar 63,7% dengan kategori tinggi (2) skor rata-rata minat baca sebesar 64,7% dengan kategori tinggi (3) nilai rata-rata hasil belajar IPS yaitu 60,8 dengan kategori cukup baik (4) besarnya korelasi antara pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar yaitu 0,503 (rhitung 0,503 > rtabel 0,213) dengan nilai konstribusi sebesar 25,3% dan korelasi antara minat baca dan hasil belajar yaitu 0,667 (rhitung 0,667 > rtabel 0,213) dengan nilai konstribusi 44,3%. Sedangkan korelasi ganda antara pemanfaatan sumber belajar dan minat baca dengan hasil belajar adalah 0,694 (rhitung 0,694 > rtabel 0,213) dengan nilai konstribusi 48,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat (1) adanya hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar IPS, (2) adanya hubungan yang signifikan antara minat baca dan hasil belajar IPS, (3) adanya hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan minat baca dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Minat Baca, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > reading habits
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 14:50
Last Modified: 12 Jul 2018 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31463

Actions (login required)

View Item View Item