PENGEMBANGAN MEDIA MOVABLE DIORAMA TIGA DIMENSI (3D) PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI DENAH KELAS IIIB SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG
Alifia Febriana Wulansari , 1401413493 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA MOVABLE DIORAMA TIGA DIMENSI (3D) PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI DENAH KELAS IIIB SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran di SD yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial yang diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN Tambakaji 05 Semarang melalui data observasi dan wawancara ditemukan permasalahan bahwa pembelajaran IPS belum optimal dan media yang terbatas pada gambar yang ada pada buku siswa, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar IPS memiliki rerata rendah. Hal ini membuat kegiatan pembelajaran menjadi kurang efisien. Peneliti akan mengembangkan media movable diorama tiga dimensi (3D) pada pembelajaran IPS. Rumusan masalah adalah 1) Bagaimanakah pengembangan media movable diorama tiga dimensi (3D) pada pembelajan IPS materi denah kelas IIIB SDN Tambakaji 05 Semarang ? 2) Bagaimanakah kelayakan media movable diorama tiga dimensi (3D) pada pembelajaran IPS materi denah kelas IIIB SDN Tambakaji 05 Semarang ? 3) Bagaimanakah keefektifan penerapan media movable diorama tiga dimensi (3D) pada pembelajaran IPS materi denah kelas IIIB SDN Tambakaji 05 Semarang? Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIB SDN Tambakaji 05 yang menjadi sampel adalah 30% siswa kelas IIIB dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t-test dan uji gain. Hasil penelitian ini adalah (1) pengembangan media movable diorama tiga dimensi (3D) pada pembelajan IPS materi denah; (2) penilaian yang telah dilakukan tim ahli dinyatakan sangat layak digunakan oleh pakar materi dan media dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 97,2%, komponen penyajian 100%; (3) media movable diorama tiga dimensi (3D) berpengaruh terhadap hasil belajar dengan perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 7,37000 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 19,167 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media movable diorama tiga dimensi (3D) efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi denah. Saran penelitian selanjutnya media movable diorama tiga dimensi (3D) dapat dikembangkan lagi pada pembelajaran lain dengan perencanaan yang matang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS; media diorama; tiga dimensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 13:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 13:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31457 |
Actions (login required)
View Item |