PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD DI SEMARANG
Fitria Miftakhul Jannah , 1401413438 (2017) PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (768kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal di kelas II SDN Tlogosari Wetan 01 Semarang diketahui guru belum menggunakan media dalam mengajar. Sehingga perlu adanya pengembangan permainan monopoli dengan media flashcard untuk keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SD. Rumusan masalah adalah bagaimanakah desain, kelayakan, dan keefektifan permainan monopoli dengan media flashcard untuk keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, kelayakan, dan keefektifan permainan monopoli dengan media flashcard untuk keterampilan menulis deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tlogosari Wetan 01. Uji coba skala kecil dilakukan di kelas II SDN Jatingaleh 01 dengan jumlah 10 siswa dan uji coba pemakaian dilakukan di kelas II SDN Tlogosari Wetan 01 dengan jumlah 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) permainan monopoli dengan media flashcard yang dikembangkan telah sesuai dengan angket kebutuhan siswa dan guru yang telah didapat; (2) hasil penilaian permainan monopoli dengan media flashcard dari ahli bahasa diperoleh persentase 88,89% dengan kategori sangat layak digunakan, penilaian ahli media sebesar 95,8% dengan kategori sangat layak digunakan; dan (3) permainan monopoli dengan media flashcard yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan hasil analisa N-gain menunjukkan bahwa nilai N-gain diperoleh sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah permainan monopoli dengan media flashcard dikembangkan sesuai kebutuhan guru dan siswa, berdasarkan validasi ahli bahasa dan ahli media, permainan monopoli dengan media flashcard sangat layak untuk digunakan, serta permainan monopoli dengan media flashcard dalam kategori sedang pada uji N-gain, sehingga permainan monopoli dengan media flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flashcard; menulis deskripsi, permainan monopoli. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing > writing ability |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 12:12 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 12:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31424 |
Actions (login required)
View Item |