KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN TEMBOK LUWUNG 1 DAN SDN PESAREAN 2


Reza Ratriadi Agusta , 1401413433 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN TEMBOK LUWUNG 1 DAN SDN PESAREAN 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413433.pdf]
Preview
PDF
Download (820kB) | Preview

Abstract

PKn merupakan mata pelajaran yang mengajarkan tentang nilai dan diajarkan dalam setiap jenjang pendidikan di sekolah sejak sekolah dasar. PKn merupakan mata pelajaran yang memuat materi cukup banyak dan membosankan, sehingga sulit untuk dipahami siswa. Pada umumnya guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional. Guru merasa ragu untuk menerapkan model pembelajaran lain, seperti model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing, karena guru belum mengetahui keefektifan model pembelajaran tersebut. Hal tersebut yang mendasari penulis untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing pada pembelajaran PKn kelas V materi Menghargai Keputusan Bersama di SDN Tembok Luwung 1 dan SDN Pesarean 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis komparasi dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk non equivalent control group dengan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu 29 siswa kelas V A dan 28 siswa kelas V B SDN Tembok Luwung 1 serta 31 siswa kelas V SDN Pesarean 2. Penulis menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi relatif kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai observasi penerapan model pembelajaran Group Investigation untuk guru sebesar 92,18% dan untuk siswa sebesar 89,06% dengan kriteria sangat baik, sedangkan Snowball Throwing untuk guru sebesar 95,31% dan untuk siswa sebesar 93,75%. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa kelas eksperimen 1 mencapai 81,5, kelas eksperimen 2 mencapai 78,57 dan kelas kontrol mencapai 72,66, sedangkan ratarata hasil belajar ranah afektif kelas eksperimen 1 mencapai 85,27, kelas eksperimen 2 mencapai 82,3, dan kelas kontrol mencapai 80,65. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing sama-sama efektif terhadap pembelajaran PKn kelas V materi Menghargai Keputusan Bersama. Untuk itu, guru diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing serta mengembangkan penerapan model pembelajaran kooperatif lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, hasil belajar, Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 11:58
Last Modified: 02 Jul 2018 11:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31422

Actions (login required)

View Item View Item