PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL RECIPROCAL LEARNING UNTUK KELAS V SDN GUGUS KARTINI KABUPATEN MAGELANG


Sekar Intan Yunita , 1401413420 (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL RECIPROCAL LEARNING UNTUK KELAS V SDN GUGUS KARTINI KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413420.pdf]
Preview
PDF
Download (981kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Banyakan diketahui bahwa buku yang digunakan mayoritas adalah buku BSE tahun 2008 sehingga tampilan buku sudah tidak menarik dan cara mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif. Karena perlu adanya pengembangan buku saku menulis karangan narasi dengan model reciprocal learning untuk kelas V SDN Gugus Kartini Kabupaten Magelang. Rumusan masalah adalah bagaimanakah karakteristik, kevalidan, keefektifan dan kepraktisan buku saku menulis karangan narasi berbantuan model reciprocal learning untuk kelas V SDN Gugus Kartini Kabupaten Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan buku saku menulis karangan narasi berbantuan model reciprocal learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dari Sugiyono (2015: 407). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banyakan. Uji coba skala kecil dilakukan di kelas V SDN Banyurojo 3 dengan jumlah 6 siswa dan uji coba pemakaian dilakukan di kelas V SDN Banyakan dengan jumlah 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku saku yang dikembangkan berbantuan model reciprocal learning yang terdiri atas berbagai peran dalam pembelajaran efektif, seperti merangkum, bertanya, mengklarifikasi, memprediksi, dan merespon materi; (2) buku saku berbantuan model reciprocal learning valid berdasarkan validasi dari ahli materi dan media. Didapatkan persentase 83,3% dari ahli materi dan persentase 81,8% dari ahli media; (3) buku saku berbantuan model reciprocal learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t bernilai 0.000 < 0,05. Uji gain sebesar 0,38 dengan kriteria sedang; (4) persentase respons siswa dan guru setelah penggunaan buku saku berbantuan model reciprocal learning secara klasikal 94,7% dengan kriteria sangat setuju, persentase respons siswa secara klasikal 86% dengan kriteria setuju. Simpulan penelitian ini adalah buku saku yang dikembangkan berbantuan model reciprocal learning valid, buku saku meningkatkan hasil belajar dan praktis untuk pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Learning; Menulis Karangan Narasi; Buku Saku; Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 11:55
Last Modified: 02 Jul 2018 11:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31421

Actions (login required)

View Item View Item