KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA


Latifah Fauziani , 1401413402 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413402.pdf]
Preview
PDF
Download (749kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran Role Playing berbantuan media audiovisual terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Kejobong kabupaten Purbalingga. Menggunakan desain penelitian nonequivalent control group dengan populasi 67 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan kelas V B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Penghitungan validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21. Hasil uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan uji Independent Sample T Test, nilai thitung (4,126) > ttabel (1,997) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan uji melalui one sample t test thitung (6,627) > ttabel (2,035). Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa nilai thitung (3,708) > ttabel (1,997)) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan melalui one sample t test varian thitung (5,212) > ttabel (2,035). Berdasarkan pada perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi menghargai keputusan bersama yang proses belajarnya menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media audiovisual dengan siswa kelas V yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Role Playing berbantuan media audiovisual efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V materi menghargai keputusan bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Aktivitas belajar; Model pembelajaran Role Playing berbantuan media audiovisual
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 11:47
Last Modified: 02 Jul 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31418

Actions (login required)

View Item View Item