PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI GUGUS GAJAH MADA SEMARANG


ASIH WULANDARI , 1401413399 (2017) PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI GUGUS GAJAH MADA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413399.pdf]
Preview
PDF
Download (996kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari hasil observasi diperoleh data bahwa belum maksimalnya hasil belajar IPA di Gugus Gajah Mada Semarang, guru belum sepenuhnya menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Sudah terdapat diskusi kelas, namun belum berjalan maksimal, belum adanya variasi dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA. Berdasarkan hal tersebut diperlukan upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan penggunaan media pembelajaran powerpoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan model TGT berbantuan media powerpoint terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus Gajah Mada Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model TGT berbantuan media powerpoint terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus Gajah Mada Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dan bentuk Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus Gajah Mada Semarang. Dengan pengambilan sampel menggunaan sampling purposive sehingga terpilih kelas VA SD Islam Al Madina sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SD Islam Al Madina sebagai kelas kontrol. Hasil uji t pada hipotesis I menunjukkan thitung (2,879) > ttabel (2,008) dan nilai signifikan 0,006 < 0,05, sehingga Ho1 ditolak dan Ha1 diterima maka terdapat pengaruh model TGT berbantuan media powerpoint terhadap motivasi belajar IPA. Hasil uji t pada hipotesis II menunjukkan hasil thitung (7,201) > ttabel (2,008) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga Ho2 ditolak dan Ha2 diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan model TGT berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar IPA. Hasil uji multivariate pada hipotesis III menunjukkan nilai signifikansi pada Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root menunjukkan 0,000 < 0,05, sehingga Ho3 ditolak dan Ha3 diterima maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model TGT berbantuan media powerpoint terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Gajah Mada Semarang. Saran untuk guru hendaknya dalam pembelajaran menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Untuk siswa diharapkan lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran sehingga tercipta suasana yang membangkitkan semangat sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 11:42
Last Modified: 02 Jul 2018 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31417

Actions (login required)

View Item View Item