PERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SBDP PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL
Alfia Firdani , 14014113392 (2017) PERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SBDP PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (678kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pesepsi guru kelas 1 dan 4 setelah dilakukannya revisi tehadap Kurikulum 2013, (2) perencanaan guru dalam mengajar SBDP dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi, (3) pelaksanaan pembelajaran SBDP dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi, dan (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran SBDP dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SDIT BIAS Assalam Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi data, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi guru mengenai Kurikulum 2013 secara prinsip adalah keberlanjutan CBSA dari KBK 2004 dan KTSP 2006 yang menekankan penguasaan kompetensi dan karakter siswa. Secara umum guru mempersepsikan Kurikulum 2013 Edisi Revisi lebih baik, karena sudah dilakukan bentuk penyederhanaan dari aspek Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar serta administrasi penilaian sehingga pelaksanaannya lebih fleksibel dan terarah. (2) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru-guru SDIT BIAS Assalam meliputi pembuatan silabus per-tahun ajaran baru dan juga RPP (Rencana Pelaksanan Pembelajaran) yang sifatnya kondisional disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Semua perencanaan pembelajaran di SDIT BIAS Assalam yang menggunakan Kurikulum 2013 mengikuti aturan dasar Dinas Pendidikan dengan menggunakan pendekatan tematik-integratif. (3) Pelaksanaan pembelajaran SBDP Seni Rupa di SDIT BIAS Assalam dilaksanakan tidak secara tematik-integratif sebagaimana anjuran resmi dari Dinas Pendidikan. Namun pembelajaran SBDP non-seni rupa seperti menyanyi masih dilaksanakan tematik-integratif. Dan (4) faktor-faktor yang mempegaruhi pembelajaran SBDP yakni meliputi; Guru, Siswa, Sarana-prasarana, Sumber Belajar, dan Orang tua/wali murid. Kelimanya memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing. Namun ternyata permasalahan mengenai distribusi buku siswa sebagai sumber belajar masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah sebagai pemangku kebijakan meskipun dari segi pengimplemetasian Kurikulum 2013 telah dilakukan upaya optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Pembelajaran SBDP; Persepsi Guru; |
Subjects: | L Education > L Education (General) > perceptions of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 18:14 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 18:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31410 |
Actions (login required)
View Item |