KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN GUCI 01 KABUPATEN TEGAL


Priatna Ar Rozzaaq Mustaqqim , 1401413363 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN GUCI 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413363.pdf]
Preview
PDF
Download (711kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika yaitu guru kurang inovatif dalam pembelajaran, pada umumnya guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Two Stray Two Stay (TSTS) berbasis teori Van Hiele. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 82 siswa kelas V SDN Guci 01 Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 42 siswa kelas VA dan 40 siswa kelas VB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data motivasi belajar menggunakan independent sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,198 > 1,990) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,099 > 1,990). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara motivasi dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data motivasi belajar menggunakan one sample t test diperoleh thitung > ttabel (4,300 > 2,023) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (4,612 > 2,023). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TSTS berbasis teori Van Hiele efektif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Guci 01 pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran TSTS, motivasi belajar, teori Van Hiele.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 12:05
Last Modified: 28 Jun 2018 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31396

Actions (login required)

View Item View Item