KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA KARSUN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN 3 KARANGNANAS BANYUMAS


Diah Novitasari , 1401413327 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA KARSUN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN 3 KARANGNANAS BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413327.pdf]
Preview
PDF
Download (700kB) | Preview

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk mendidik peserta didik terutama di tingkat sekolah dasar. Akhir-akhir ini mata pelajaran kewarganegaraan (PKn) kurang diminati. Hal ini terjadi karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terutama dari faktor model yang digunakan guru dalam membelajarkan materi PKn kurang efektif. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik serta membuat proses pembelajaran lebih bervariatif dan inovatif. Salah satu model yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar adalah penggunaan model TGT berbantu media Karsun pada materi Keputusan Bersama kalas V SDN 3 Karangnanas. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas Va dan Vb SDN 3 Karangnanas Kabupaten Banyumas. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh). Anggotanya berjumlah 50 orang peserta didik yang terdiri dari 24 peserta didik dari kelas Va dan 26 peserta didik dari kelas Vb. Variabel bebas penelitian ini yaitu model TGT berbantu media Karsun, sedangkan variabel terikatnya yaitu aktivitas dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumentasi, wawancara, tes soal, dan angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t test, data aktivitas belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,682 > 2,011) dan signifikansinya 0,010 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,409 > 2,011) dan signifikansi 0,020 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara peserta didik kelas V yang mendapatkan pembelajaran model TGT berbantu media Karsun dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji one sampel t test, data aktivitas belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung > ttabel (84,823 > 2,069). Hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (52,391 > 2,010). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan model TGT berbantu media Karsun efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn materi Keputusan Bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; media Karsun; model TGT
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 17:24
Last Modified: 26 Jun 2018 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31384

Actions (login required)

View Item View Item