HUBUNGAN GAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK


Dewi Nurmayasari , 1401413314 (2017) HUBUNGAN GAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413314.pdf]
Preview
PDF
Download (843kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara negara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter. Data awal yang didapatkan peneliti menunjukkan pada kelas V semester 1 hanya 47 siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan sisanya 146 siswa nilainya dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor internal yaitu gaya dan motivasi belajar. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Sunan Ampel Kecamatan Demak. Tujuan penelitian yaitu untuk menguji hubungan gaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Sunan Ampel Kecamatan Demak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 193 responden dengan sampel sebanyak 128 responden yang diambil melalui teknik Proportional Random Sampling. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh harga signifikasi 0,000 < 0,05. Korelasi sebesar 0,603; (2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh harga signifikasi 0,000 < 0,05. Korelasi sebesar 0,602; (3) Ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh harga signifikasi 0,000 < 0,05. Korelasi sebesar 0,645. Untuk besar sumbangan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa sebesar 41,6%. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan gaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Sunan Ampel Kecamatan Demak. Disarankan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan agar memiliki keterampilan mengajar yang memadai termasuk dalam memahami gaya belajar siswa serta membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; PKn
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:24
Last Modified: 26 Jun 2018 16:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31378

Actions (login required)

View Item View Item