HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA SEMARANG BARAT
Lutfy Meydinar Widyasari , 1401413307 (2017) HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD GUGUS GATOTKACA SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (917kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu minat dan kemampuan berbahasa (kosakata). Berdasarkan teori tersebut, peneliti ingin meneliti hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Gugus Gatotkaca Semarang Barat. Adapun rumusan masalah meliputi: (1) Adakah hubungan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Gugus Gatotkaca Semarang Barat?; (2) Adakah hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Gugus Gatotkaca Semaang Barat?; (3) Adakah hubungan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Gugus Gatotkaca Semarang Barat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus Gatotkaca Semarang Barat yang berjumlah 96 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, tes, wawancara dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji product moment dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan besarnya korelasi antara minat baca dan kemampuan membaca pemahaman yaitu 0,667 dengan nilai konstribusi sebesar 44,5% dan korelasi antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman yaitu 0,657 dengan nilai konstribusi 43,2%. Sedangkan korelasi ganda antara minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman adalah 0,667. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara minat baca, penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman. Nilai kontribusi kedua variabel bebas dengan variabel terikat yaitu 59,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya hubungan yang signifikan antara minat baca dan kemampuan membaca pemahaman, (2) adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman, (3) adanya hubungan yang signifikan antara minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. Variabel minat baca dan penguasaan kosakata dapat menjadi prediktor bagi kemampuan membaca pemahaman, sehingga perlu bagi guru untuk lebih memperhatikan siswa dalam meningkatkan kualitas belajarnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat baca, penguasaan kosakata, kemampuan membaca pemahaman |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 17:40 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 17:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31373 |
Actions (login required)
View Item |