PENGARUH MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI KERAJINAN TANGAN DARI TULANG DAUN SISWA KELAS IV SDN JEPANG 05 KUDUS


Sri Wahyuningtyas , 1401413303 (2017) PENGARUH MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI KERAJINAN TANGAN DARI TULANG DAUN SISWA KELAS IV SDN JEPANG 05 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413303.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi awal di SD Negeri Jepang 05 Kudus, guru kelas belum menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa Kelas IV. Guru kelas belum pula memanfaatkan ketersediaan benda alam di lingkungan sekitar sebagai media pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran SBdP di kelas. Tujuan penelitian untuk: 1). Mengetahui proses Model PjBL dalam pembelajaran SBdP materi kerajinan tangan dari tulang daun siswa kelas IV SDN Jepang 05 Kudus; 2). Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui Model PjBL dalam pembelajaran SBdP materi kerajinan tangan dari tulang daun siswa Kelas IV SDN Jepang 05 Kudus; 3). Mengetahui efektifitas pengaruh Model PjBL materi kerajinan tangan dari tulang daun terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas IV SDN Jepang 05 Kudus. Jenis penelitian eksperimen semu bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian siswa kelas IV SDN Jepang 05 Kudus 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling teknik sampling jenuh sebanyak 23 siswa untuk kelas kontrol dan 25 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan data melalui: tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: uji normalitas homogenitas, uji t, uji N-Gain. Hasil penelitian menghasilkan: 1). Proses PjBL pada kelas eksperimen diaplikasikan melalui enam tahap/fase: a). penentuan proyek, b). perancangan langkah penyelesaian proyek, c). penyusunan jadwal pelaksanaan, d). penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, e). penyusunan laporan dan presentasi hasil proyek, f). evaluasi proses dan hasil proyek. Kelas kontrol dilaksanakan metode ceramah; 2). Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen berdasar hasil observasi ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; 3). Hasil uji t untuk t hitung = 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh perbedaan penggunaan model PjBL terhadap aktivitas dan hasil belajar SBdP siswa dengan materi ajar membuat kerajinan tangan dari tulang daun pada siswa Kelas IV SDN Jepang 05 Kudus. Hasil indeks gain kelas kontrol = 0,399 (Sedang), dan kelas eksperimen = 0,701 (Tinggi). Simpulan penelitian: 1). Proses PjBL pada kelas eksperimen diaplikasikan melalui enam fase tahapan dengan praktik berbasis proyek, sementara kelas kontrol model ceramah; 2). Pembelajaran SBdP materi ajar membuat kerajinan tangan dari tulang daun mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas kontrol maupun kelas eksperimen dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yang lebih baik dibanding dengan kelas kontrol; 3). Penerapan PjBL melalui uji efektifitas memiliki pengaruh signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP materi membuat kerajinan tangan tulang daun. Hasil indeks gain kelas eksperimen juga jauh lebih tinggi dari kelas kontrol. Saran penelitian: model pembelajaran PjBL dapat terus dikembangkan karena sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning (PjBL); Pelajaran SBdP; Kerajinan Tangan Tulang Daun; Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 17:14
Last Modified: 25 Jun 2018 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31371

Actions (login required)

View Item View Item