PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOSISTEM


Nurul Karimah , 4401406055 (2010) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOSISTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOSISTEM]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN EKOSISTEM MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOSISTEM) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Selain itu, pembelajaran dapat dirancang oleh guru dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru biologi dan siswa di SMA N 1 Batang diketahui bahwa guru menggunakan powerpoint terus-menerus dalam pembelajaran, hal tersebut membuat siswa cenderung bosan menerima materi pelajaran sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa tidak optimal. Selain itu, mengingat sekolah yang letaknya tidak jauh dari ekosistem mangrove serta peran fungsi ekosistem mangrove yang sangat penting bagi kehidupan, guru mempunyai keinginan untuk memberikan materi mengenai ekosistem mangrove. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan video pembelajaran ekosistem mangrove untuk memfasilitasi belajar siswa serta dapat digunakan sebagai pengetahuan awal siswa mengenai ekosistem mangrove. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian video pembelajaran ekosistem mangrove dengan SK dan KD pembelajaran dari BSNP serta mengetahui keefektifan video tersebut untuk diterapkan di sekolah sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini adalah guru biologi SMAN 1 Batang dan seluruh siswa kelas X SMAN 1 Batang. Sampel yang digunakan untuk penilaian video dilakukan pada guru biologi kelas X di SMAN 1 Batang. Uji coba pelaksanaan pembelajaran dilakukan di kelas X.1 dan kelas X.4 SMAN 1 Batang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata penilaian pakar terhadap video pembelajaran yang dikembangkan adalah sebesar 88,89% atau mencapai kriteria sangat sesuai, hasil tanggapan guru terhadap video pembelajaran adalah 100% dengan kriteria tanggapan guru adalah sangat baik. Selama uji coba pemakaian didapatkan rata-rata hasil belajar kelas X.1 adalah 79,2 dan kelas X.4 adalah 72.37 dengan ketuntasan belajar klasikal kelas X.1 dan kelas X.4 masing-masing adalah 93.8% dan 77.42% serta hasil aktivitas siswa secara klasikal kelas X.1 100% dan X.4 adalah 96.77% siswa mencapai kriteria baik dan sangat baik, selain itu 100% siswa menyatakan video pembelajaran ekosistem mangrove yang dikembangkan bermanfaat bagi mereka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan video pembelajaran ekosistem mangrove sesuai dengan SK dan KD pembelajaran dari BSNP serta efektif diterapkan dalam pembelajaran sebagai sumber belajar siswa SMA pada materi Ekosistem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan video pembelajaran, ekosistem mangrove, sumber belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2011 02:14
Last Modified: 25 Apr 2015 05:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3137

Actions (login required)

View Item View Item