PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN BERBASIS AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG
Ady Mulya Wyra Pratama , 1401413297 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN BERBASIS AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS VA SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang dilakukan dikelas VA SDN Gisikdrono 03 Semarang melalui kegiatan observasi, wawancara dan data dokumen ditemukan informasi yaitu pembelajaran PKn masih belum optimal, media pembelajaran hanya menggunakan gambar di buku ajar dengan kondisi kecil dan tidak berwarna sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan hasil belajar PKn menjadi rendah. Solusinya perlu dikembangkan media inovatif yaitu boneka tangan berbasis audiovisual. Rumusan masalah penelitan: bagaimana mengembangkan desain dan komponen media boneka tangan berbasis audiovisual pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama? Tujuan penelitian: mengembangkan desain dan komponen media boneka tangan berbasis audiovisual pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VA SDN Gisikdrono 03. Sampel dipilih menggunakan teknik sempel jenuh sehingga keseluruhan populasi dijadikan sempel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyarat, uji t, gain, serta analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka tangan berbasis audiovisual layak digunakan, dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 100%, komponen penyajian 93,75% dan komponen kebahasaan 93,75%. Media boneka tangan berbasis audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,40 dengan kriteria sedang. Keefektifan hasil belajar ditunjang dengan peningkatan aktivitas siswa yaitu kondisi situasi belajar kondusif, siswa aktif dan antusias memperhatikan pembelajaran serta bersemangat memainkan media. Simpulan penelitian adalah media boneka tangan berbasis audiovisual efektif digunakan pada pembelajaran Pkn materi keputusan bersama. Saran penelitian hendaknya konten rekaman percakapan adegan media boneka tangan berbasis audiovisual lebih disempurnakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media boneka tangan; Audiovisual; PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 16:35 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 16:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31368 |
Actions (login required)
View Item |