PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA MIJEN SEMARANG


Bagas Basofi Budi Asmadi , 1401413291 (2017) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA MIJEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413291.pdf]
Preview
PDF
Download (825kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Mijen Kota Semarang menunjukkan bahwa, nilai Ulangan Akhir Semester I mata pelajaran Matematika memiliki ketuntasan terendah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Persentase hasil belajar Matematika yang belum tuntas SDN Ngadirgo 01 sebesar 63,3%, SDN Ngadirgo 02 20,83%, SDN Ngadirgo 03 39,02%, SDN Pesantren 72%, SDN Wonoplembon 02 21,42% dan SD N Tambangan 02 57,14%. Berdasarkan wawancara dengan guru, faktor yang mempengaruhi hasil belajar Matematika rendah adalah disiplin belajar siswa yang rendah, siswa tidak bisa mengatur waktu belajar. Selain itu juga karena lingkungan keluarga siswa yang kurang ada perhatian kepada anak. Rumusan masalahnya, yaitu: (a) apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V?; (b) apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V?; (c) apakah ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V? Jenis penelitian kuatitatif dengan metode ex post facto. Desain penelitian korelasi. Populasi penelitian berjumlah 152 siswa kelas V dan jumlah sampel 152 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen pengumpul data berupa angket, dokumentasi. Analisis menggunakan uji prasyarat, analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitiannya adalah: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika sebesar 27,39% yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,709 dan persamaan regresi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 16:32
Last Modified: 25 Jun 2018 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31367

Actions (login required)

View Item View Item