KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS MAYANGSARI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN
Anindyta Affantin , 1401413290 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS MAYANGSARI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (676kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SD Gugus Mayangsari, pembelajaran di kelas belum optimal, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif secara maksimal, serta tidak semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) menguji keefektifan model pembelajaran make a match kelas V SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan; (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match kelas V SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, SDN 1 Bugel sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 3 Godong sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran make a match efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 84,31 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 69,58. Hal ini menunjukkan skor gain kelas eksperimen sebesar 0,64 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,30 (rendah). Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel (18,0697>2,07) sehingga Ha diterima yaitu, model pembelajaran make a match efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran make a match efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Saran pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan model make a match pada pembelajaran IPS karena dengan menerapkan model tersebut siswa dapat terlibat aktif di dalam kelas dan memperoleh pembelajaran yang bermakna.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; IPS; keefektifan; model make a match |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 16:27 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 16:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31366 |
Actions (login required)
View Item |