KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MAYANGSARI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN


Nila Riski Oktafiani , 1401413282 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MAYANGSARI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413282.pdf]
Preview
PDF
Download (769kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Gugus Mayangsari, pembelajaran di kelas belum dilaksanakan secara optimal, guru masih menerapkan metode pembelajaran konvesional yaitu ceramah dan tanya jawab sehingga tidak semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model talking stick terhadap hasil belajar IPS “Kegiatan Jual Beli” siswa kelas III SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. (2) menguji keefektifan talking stick terhadap hasil belajar IPS “Kegiatan Jual Beli” siswa kelas III SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. . Jenis penelitian eksperimen ini adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu 37 siswa SDN 1 Godong sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa SDN 1 Bugel sebagai kelas kontrol. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar IPS, materi kegiatan jual beli. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran talking stick. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick efektif terhadap hasil belajar IPS, materi “Kegiatan Jual beli” siswa kelas III SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Dilihat dari hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (20,75) > ttabel (2,03) yang berarti rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen (87,73) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (72,86). Skor n-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,201 (rendah) artinya model pembelajaran talking stick efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran talking sticik efektif terhadap hasil belajar IPS, materi “Kegiatan Jual Beli” siswa kelas III SD Gugus Mayangsari Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Saran dari peneliti yaitu guru dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa secara umum,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPS; keefektifan; model talking stick.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 13:24
Last Modified: 25 Jun 2018 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31364

Actions (login required)

View Item View Item