EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 TEGAL
Abdullah Labib, 5301412008 (2017) EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (587kB) | Preview |
Abstract
Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, pembelajaran perlu didukung dari berbagai aspek salah satunya media pembelajaran. Hal ini untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti keterbatasan ruang dan waktu, metode pembelajaran yang konvensional, sumber dan hasil belajar siswa. Maka peran media sangat dibutuhkan. Salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa yakni Edmodo, yaitu sebuah media pembelajaran berbasis jejaring sosial yang memudahkan guru untuk membuat dan mengelola kelas virtual sehingga siswa dapat terhubung dengan teman sekelas dan guru kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Kelas X TKJ1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ2 sebagai kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Edmodo mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Negeri 2 Tegal. Pemilihan sampel dengan cara sampling purposive. Pengambilan data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan awal, tes hasil belajar dan angket untuk memperoleh respon siswa terhadap media pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian diperoleh data bahwa uji t hasil belajar siswa antara pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 7,6882 > ttabel sebesar 1,6698 , didukung pula dengan nilai rata-rata posttest meningkat. Dan diperoleh skor gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 0,651 > 0,296. Serta hasil skor angket respon siswa sebesar 79,53%. Sehingga pembelajaran menggunakan media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Negeri 2 Tegal dapat dikatakan efektif serta mendapat respon yang positif dari siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Edmodo, Jaringan Dasar |
Subjects: | L Education > Special Education > Electrical engineering education T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 11:45 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 18:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31349 |
Actions (login required)
View Item |