HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS WAHIDIN SUDIROHUSODO KEC WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO


Latifah Dewi Rosiana , 1401413267 (2017) HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS WAHIDIN SUDIROHUSODO KEC WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413267.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Minat belajar dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Minat belajar dan motivasi belajar tiap siswa berbeda-beda sehingga hasil belajar siswa pun berbeda-beda. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo; (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo; (3) menguji hubungan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Penelitian korelasional ini mengunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 171 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,722; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,763; (3) terdapat hubungan positif antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,809 berada pada kategori sangat kuat. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkam bahwa ada hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Bertitik tolak pada hasil penelitian tersebut, maka disarankan minat belajar dan motivasi belajar siswa harus senantiasa ditingkatkan agar siswa mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 17:14
Last Modified: 22 Jun 2018 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31344

Actions (login required)

View Item View Item