KEEFEKTIFAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR IMAJINATIF PADA SISWA KELAS III SD N PETARANGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS


Septi Indriyani , 1401413234 (2017) KEEFEKTIFAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR IMAJINATIF PADA SISWA KELAS III SD N PETARANGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413234.pdf]
Preview
PDF
Download (653kB) | Preview

Abstract

Pendidikan seni sudah seharusnya diajarkan sejak usia dini pada anakanak. Pembelajaran seni di sekolah dasar terdapat pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Pada umumnya, dalam pembelajaran SBK guru masih menerapkan pembelajaran konvensional, sehingga berdampak pada kreativitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran melalui metode outdoor learning dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengoptimalkan kreativitas dan hasil belajar siswa, karena dapat menghadirkan suasana belajar baru bagi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan metode outdoor learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas III SD pada pembelajaran SBK materi gambar imajinatif. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 51 siswa kelas III SD N Petarangan. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara tidak terstruktur, angket, dan tes berupa tes unjuk kerja. Teknik analisis data berupa analisis deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan analisis tahap akhir (uji hipotesis). Berdasarkan data penelitian, diperoleh persentase kreativitas siswa kelas eksperimen sebesar 71,34% dan kelas kontrol sebesar 67,15%. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85 dan kelas kontrol sebesar 80,80. Hipotesis pada penelitian ini terdiri dari hipotesis perbedaan, keefektifan, dan hubungan. Berdasarkan penghitungan statistik, pada hipotesis perbedaan dengan taraf signifikansi 0,05 kreativitas siswa diperoleh 0,045. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kreativitas siswa (0,045<0,05). Nilai signifikansi hasil belajar yang diperoleh sebanyak 0,014. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang menerapkan metode outdoor learning dengan yang menerapkan metode konvensional. Uji keefektifan dilakukan dengan membandingkan thitung dan ttabel. Diketahui nilai ttabel sebesar 2,060 dan nilai thitung pada kreativitas sebesar 2,446. Nilai thitung hasil belajar sebanyak 3,569. Hal tersebut menunjukkan bahwa kreativitas dan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelas yang menerapkan metode outdoor learning. Analisis uji hubungan kreativitas dan hasil belajar diperoleh thitung sebesar 9,7739 dan ttabel sebesar 1,708, sehingga ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dan hasil belajar siswa (9,7739>1,708). Berdasarkan hasil penelitian, maka metode outdoor learning sesuai jika diterapkan dalam pembelajaran SBK materi gambar imajinatif pada kelas III SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambar Imajinatif, Hasil Belajar, Kreativitas, Outdoor Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 12:35
Last Modified: 22 Jun 2018 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31332

Actions (login required)

View Item View Item