KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS MELATI SEMARANG


Istiqomah , 1401413224 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS MELATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413224.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Gugus Melati Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji ada atau tidaknya keefektifan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar IPS (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa menggunakan model TGT pada pembelajaran IPS (3) menguji ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar model TGT dengan model NHT pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Gugus Melati Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu dalam bentuk nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Gugus Melati Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan terpilih SDN SDN Purwoyoso 03 sebagai kelas eksperimen, SDN Purwoyoso 04 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancaara, kisi-kisi soal uji coba, soal uji coba, silabus, RPP, dan rubrik pengamatan aktivitas siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji hipotesis, dan uji n gain. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai thitung adalah 7,104 sedangkan nilai ttabel dengan taraf df= 67 adalah 1,996. Data tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabel maka maka diterima, dapat disimpulkan bahwa model TGT efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Melati Semarang. Model TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu pertemuan pertama 48%, pertemuan kedua 56%, pertemuan ketiga 67%, dan pertemuan keempat 71%. Terhadap perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen (83,06) dan kelas kontrol (64,55). Simpulan dari penelitian ini adalah model TGT efektif terhadap hasil belajar IPS, model TGT dapat meningkatkan aktivitas siswa, serta terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran peneliti yaitu guru dapat mempersiapkan dengan baik apabila akan menerapkan model TGT, sekolah dapat mendukung pelaksanaan model-model pembelajaran bervariatif, serta siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPS; model Teams Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 12:39
Last Modified: 08 Jun 2018 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item