HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN PERGAULAN DAN KEPATUHAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB SEKOLAH KELAS IV DI GUGUS MENDHUT KABUPATEN WONOGIRI


FIRDA ROSITA , 1401413221 (2017) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN PERGAULAN DAN KEPATUHAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB SEKOLAH KELAS IV DI GUGUS MENDHUT KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413221.pdf]
Preview
PDF
Download (736kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dalam masyarakat, karena dari keluargalah manusia dilahirkan. Dalam kehidupan bermasyarakat tentu ada pergaulan. Pergaulan adalah kontak langsung antar satu individu dengan individu lain. Ketika dalam lingkungan keluarga anak sudah dididik disiplin, maka dalam bergaul pun pasti juga akan memilih teman yang baik, sehingga akan membentuk karakter baik pada diri siswa dan siswa akan patuh terhadap peraturan yang berlaku di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan kondisi lingkungan keluarga terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah, (2) untuk mengetahui hubungan lingkungan pergaulan siswa terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah, (3) untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan siswa terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Gugus Mendhut Kabupaten Wonogiri dengan jumlah 71 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling, menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas untuk mengetahui data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan antara lingkungan keluarga terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,738, (2) ada hubungan antara lingkungan pergaulan terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,506, dan (3) ada hubungan antara lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,922. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan kepada sekolah dan orang tua siswa agar menciptakan lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan dan lingkungan di sekolah yang kondusif dan menuntun siswa untuk mematuhi peraturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kondisi lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan, kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah
Subjects: L Education > L Education (General) > student compliance
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 17:11
Last Modified: 22 Jun 2018 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31322

Actions (login required)

View Item View Item