KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV GUGUS KI HAJAR DEWANTORO KABUPATEN SRAGEN
Anita Safitri , 1401413216 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV GUGUS KI HAJAR DEWANTORO KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Kabupaten Sragen menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia terutama pada keterampilan menulis karangan perlu ditingkatkan. Hal ini disebabkan adanya beberapa kendala dari guru, siswa, dan model pembelajaran yang digunakan sehingga diperlukan suatu perbaikan pembelajaran melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat.Berdasarkan hal tersebut peneliti menetapkan rumusan permasalahan yaitu Apakah model pembelajaran examples non examples efektif terhadap pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV Gugus Ki Hajar Dewantoro Kabupaten Sragen. Tujuan pada penelitian ini adalah Menguji keefektifan model examples non examples terhadap pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV Gugus Ki Hajar Dewantoro kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dengan sampel yang dipilih yaitu SDN Gawan 01 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model examples non examples dan SDN Pengkol 02 sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan model konvensional. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata posttest di kelompok kelompok eksperimen yaitu 84,7619, dan kelompok kontrol yaitu 73,0000. Dapat disimpulkan rata-rata posttest kelompok eksperimen dan kontrol. Pengujian hipotesis memperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Jadi kedua hipotesis memiliki sig (1-tailed)<0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulan dari pernyataan tersebut adalah penggunaan model examples non examples efektif terhadap pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV Gugus Ki Hajar Dewantoro Kabupaten Sragen. Peningkatan relatif pada kelompok eksperimen sebesar 0,471 termasuk dalam kategori sedang, dan kelompok kontrol sebesar 0,077 termasuk dalam kategori rendah. Keefektifan model examples non examples dapat membuat siswa lebih aktif belajar, menambah wawasan guru untuk menerapkan model examples non examples saat pembelajaran, sekolah dapat memotivasi guru untuk menerapkan model pembelajaran inovatif, serta dapat membuat peneliti lebih kreatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | examples non examples; karangan narasi; keefektifan; keterampilan menulis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 17:40 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 17:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31318 |
Actions (login required)
View Item |