PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA 3 DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG


Dady Mukti Prabowo , 1401413028 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA 3 DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa SD, namun kenyataan dilapangan, pembelajaran IPA masih belum optimal. Berdasarkan data observasi, wawancara dan dokumentasi yang didapatkan di SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang ditemukan informasi bahwa terdapat permasalahan kurang tersedianya media yang tepat. Sehingga perlu dikembangkan media diorama 3 dimensi dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media diorama 3 dimensi, untuk mengkaji kevalidan media diorama 3 dimensi, dan untuk mengkaji keefektifan media diorama 3 dimensi dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall menurut Sugiono dan dengan langkah penelitian sebagai berikut : pra research, pengumpulan data, perancangan desain media, validasi produk, revisi produk, uji skala kecil, uji skala besar, dan produk akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji normalitas, uji t, uji N-Gain. Penelitian ini menunjukan bahwa media diorama 3 dimensi layak digunakan dengan persentase penilaian validasi ahli media 94%, ahli materi 97%, praktisi media 97%, dan praktisi materi 93% dengan uji T mendapat hasil thitung yaitu 7,396 lebih besar dari ttabel yaitu 1,671 dan uji N-Gain sebesar 0,7063 dengan kriteria tinggi. Hasil penelitian ini adalah media diorama 3 dimensi efektif digunakan pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media diorama 3 dimensi pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan komponen dan desain sesuai materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media diorama; 3 dimensi; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:47
Last Modified: 07 Jun 2018 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31307

Actions (login required)

View Item View Item