KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SBK DALAM APRESIASI KARYA SENI RUPA KELAS V SDN GUGUS DRUPADI KOTA SEMARANG


LIA ISWATI , 1401413153 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SBK DALAM APRESIASI KARYA SENI RUPA KELAS V SDN GUGUS DRUPADI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413153.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan sikap serta kemampuan berkarya dan berapresiasi. Hasil observasi dan wawancara pra penelitian, terdapat permasalahan bahwa model yang digunakan guru yaitu model Picture and Picturedalam pembelajaran seni rupa belum dilaksanakan secara optimalsehingga menyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Oleh karena itu guru perlumenggunakanmodel pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran seni rupa. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) apakah hasil belajar seni rupa kelas V SDN Gugus Drupadi Kota Semarang dengan model Mind Mapping dapat mencapai KKM?; 2) apakah model Mind Mapping lebih efektif daripada model Picture and Picture terhadap hasil belajar seni rupa kelas V SDN Gugus Drupadi Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ketuntasan hasil belajar siswa dan mengujimodel Mind Mapping lebih efektif dari pada model Picture and Picture. Jenis penenelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitianmenggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 197 siswa dan sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji z kelas eksperimen zhitung (2,126) > ztabel (1,645) dan kelas kontrol zhitung (-3,050) <ztabel (1,645). Pada analisis uji t diperoleh thitung (7,503) > ttabel (1,665). Besar peningkatan pada kelas eksperimen terlihat pada rata-ratagain yaitu 17,25 (kriteria sedang) dan kelas kontrol yaitu 10,67 (kriteria sedang). Gain ternormalisasi kelas ekperimen yaitu 0,455 (kategori sedang) dan kelas kontrol adalah 0,696 (kategori rendah). Simpulan penelitian ini adalah model Mind Mapping efektif dalam pembelajaran SBK . Saran dalam penelitian yaitu hendaknya siswa lebih aktif dan kreatif lagi dalam mengikuti pembelajaran SBK, guru sebaiknya dapat menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi ajar, jenjang kelas, kondisi siswa dan kelas dan Sekolah dapat mendukung pelaksanaan modelmodel pembelajaran inovatif melalui pembiasaan pelaksanaan pembelajaran inovatif dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; model mind mapping;SBK.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 14:41
Last Modified: 06 Jun 2018 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31284

Actions (login required)

View Item View Item