KEEFEKTIFAN MEDIA LAGU PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TEMBOK LUWUNG 01 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL
Vivit Triana , 1401413130 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA LAGU PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TEMBOK LUWUNG 01 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (827kB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran IPA dalam pelaksanaannya masih menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa menjadi bosan dan kurang bersemangat saat mengikuti pembelajaran. Media lagu pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA. Dengan menerapkan media lagu pembelajaran, dapat mendorong siswa untuk bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media lagu pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Tembok Luwung 01 Adiwerna Kabupaten Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tembok Luwung 01 Kabupaten Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 57 siswa yang terdiri dari 29 siswa dari kelas eksperimen dan 28 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Pearson Product Moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan one sampel t-test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (9,046 > 2,004) dan signifikansinya 0,000 < 0,025. Sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,247 > 2,004) dan signifikansi 0,000 < 0,025, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar IPA antara siswa kelas V yang menggunakan media lagu pembelajaran dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media lagu pembelajaran. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji one sampel t-test, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (12,133 > 2,048). Sementara hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,507 > 2,048). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan media lagu pembelajaran lebih efektif terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa dibandingkan dengan yang tanpa menggunakan media lagu pembelajaran. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, guru, pihak sekolah, dan peneliti lain disarankan untuk mengembangkan media lagu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; media lagu pembelajaran; minat belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Interest to Learn |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 12:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 12:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31271 |
Actions (login required)
View Item |