PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS III SDN GUGUS KERTONEGORO NGAWI
Ira Junda Kang Misya , 1401413119 (2017) PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS III SDN GUGUS KERTONEGORO NGAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Seni budaya dan keterampilan hendaknya menarik minat siswa supaya merasa senang dalam proses belajar mengajar. Pada kondisi dilapangan selama ini dalam kegiatan diskusi siswa belum bekerjasama dengan temannya, guru belum mengoptimalkan media pembelajaran, dan sebagian besar hasil belajar siswa belum memenuhi KKM. Model TAI berbantuan Audio Visual dapat dijadikan alternatif yang akan mendorong siswa aktif dan dapat bekerjasama dalam kegiatan kelompok. Rumusan masalah yaitu (1) apakah hasil belajar seni musik menggunakan model Team Assisted Individually(TAI) berbatuan Audio Visual dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal; (2) apakah model (Team Assisted Individually)TAI berbantuan Audio Visual berpengaruh terhadap hasil belajar seni musik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah hasil belajar seni musik menggunakan model TAI berbantuan Audio Visual siswa kelas III dapat mencapai ketuntasan klasikal dan menguji pengaruh model TAI berbantuan Audio Visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni musik. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus Kertonegoro Ngawi. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang menghasilkan SDN Kuniran 3 sebagai kelas kontrol, SDN Kuniran 2 sebagai kelas eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar seni musik dan variabel bebasnya adalah model TAI berbantuan Audio Visual. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan unjuk kerja yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan n-gain. Hasil penelitian yaitu (1) hasil belajar seni musik dapat mencapai ketuntasan secara klasikal, ditunjukkan uji-z nilai z hitung 2,160 > z tabel 0,48. (2) model TAI berbantuan Audio Visual berpengaruh terhadap hasil belajar seni musik ditunjukkanuji-t nilai thitung (8,89) > ttabel (1,711) didukung dengan N-Gain kelas eksperimen 0,58 (peningkatan sedang), uji t rata-rata N-Gain 0,58 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 85, sedangkan di kelas kontrol 78,33, maka hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Simpulan penelitian adalah model TAI berbantuan Audio Visual berpengaruh terhadap hasil belajar seni musik materi membirama dan tempo lagu. Saran dalam peneliti antara lain: guru hendaknya dapat menggunakannya model TAI berbantuan Audio Visualsecara optimal, sehingga siswa dapat bekerjasama dalam kelompok, percaya diri dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio Visual, Hasil Belajar, Seni Musik, TAI. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 17:46 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 17:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31268 |
Actions (login required)
View Item |