PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN KELAS V SDN PESANTREN MIJEN SEMARANG


Alifia Edria Adikasari , 1401413105 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN KELAS V SDN PESANTREN MIJEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413105.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat permasalah pada pembelajaran IPS di SDN Pesantren kelas V. Berdasarkan data dokumen, observasi, dan wawancara, ditemukan informasi yang menunjukkan bahwa media yang digunakan hanya media buku BSE berupa buku teks IPS yang ada di sekolah. Gambar yang di dalam buku berukuran kecil sehingga tidak dapat menjangkau siswa secara menyeluruh dan buku terlalu banyak teks. Sehingga perlu dikembangkan media buku bergambar pada pembelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimana cara mengembangkan desain dan komponen media buku bergambar pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan?Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain dan komponen media buku bergambar pada pembelajaran IPS materi perjuanagan mempertahankan kemerdekaan, Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pesantren Mijen Semarang yang jadi sampel adalah seluruh siswa kelas V SDN Pesantren Mijen Semarang dengan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku bergambar layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 90%, komponen penyajian 95% dan komponen kebahasaan 95%. Media buku bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 12,335dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,541dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media buku bergambar efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Saran penelitian selanjutnya dapat menambahkan kelengkapan komponen dari segi isi dengan lebih ringkas, maupun penyajian seperti menambahkan gambar yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bergambar, buku , IPS, media, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 16:30
Last Modified: 05 Jun 2018 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31260

Actions (login required)

View Item View Item