KEEFEKTIFAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN TENGGULANGHARJO KABUPATEN BATANG


Nur Hasanah , 1401413101 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN TENGGULANGHARJO KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413101.pdf]
Preview
PDF
Download (773kB) | Preview

Abstract

IPS di SD memuat materi yang terdiri dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan dan cakupan materinya cukup luas, sehingga memerlukan pemahaman khusus bagi siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut. Guru sudah pernah menerapkan model word square pada pembelajaran IPS, namun siswa belum tertarik dan hasil belajar siswa belum optimal. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif mengujikan model tebak kata dibandingkan dengan model word square, bertujuan mengetahui mana yang terbukti lebih efektif terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SD. Bentuk desain penelitian Quasi Experimental Design yang digunakan oleh peneliti yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Tenggulangharjo dan siswa kelas V SDN Kalimanggis Kabupaten Batang. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh). Kelas V di SDN Tenggulangharjo sebagai kelas eksperimen dan kelas V di SDN Kalimanggis sebagai kelas kontrol. Adapun uji coba instrumen dilakukan di kelas VI SDN Tenggulangharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata, dan analisis akhir. Analisis akhir meliputi uji perbedaan, keefektifan, dan hubungan. Berdasarkan hasil uji perbedaan kepercayaan diri siswa menggunakan independent sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (5,333 > 2,001) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (4,502 > 2,001). Pengujian keefektifan kepercayaan diri siswa menggunakan one sample t test diperoleh thitung > ttabel (9,155 > 1,696) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (6,573 > 1,696). Hasil analisis korelasi antara kepercayaan diri dan hasil belajar menggunakan korelasi product moment, diperoleh nilai r kepercayaan diri dan hasil belajar siswa sebesar 0,576 termasuk kategori sedang. Selanjutnya, dilakukan uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (5,291>2,001) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Jadi, dapat disimpulkan setelah diterapkannya model tebak kata di kelas V pada pembelajaran IPS materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia memuculkan adanya perbedaan antara kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas V yang menggunakan model tebak kata dengan yang menggunakan model word square. Model tebak kata efektif terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa. Terdapat hubungan antara kepercayaan diri dan hasil belajar IPS. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan model tebak kata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kepercayaan diri, model tebak kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 15:33
Last Modified: 05 Jun 2018 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31258

Actions (login required)

View Item View Item