KEEFEKTIFAN MODEL JIGSAW DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN 1 KALITENGAH DAN SDN 5 GOMBONG KEBUMEN


Reni Sucianti , 1401413100 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL JIGSAW DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN 1 KALITENGAH DAN SDN 5 GOMBONG KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413100.pdf]
Preview
PDF
Download (735kB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran wajib di Sekolah Dasar. IPA adalah usaha manusia dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran, serta menggunakan prosedur, dan dijelaskan dengan penalaran sehingga mendapat suatu kesimpulan. Pada umumnya pembelajaran IPA yang diterapkan di SD masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada pelaksananya pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga kualitas pembelajaran belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model Jigsaw dan model NHT terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Kalitengah dan SDN 5 Gombong materi Sumber Daya Alam. Jenis penelitian ini quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalitengah dan SD Negeri 5 Gombong sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas IV SD Negeri Gumawang sebagai kelas kontrol. Jumlah populasi sebanyak 97 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalitengah, 33 siswa kelas IV SD Negeri 5 Gombong, dan 32 siswa kelas IV SD Negeri Gumawang. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji ANOVA dengan uji lanjut Tukey HSD dan Uji One Sample t-test. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 79,84, kelas eksperimen 2 sebesar 83,33, dan kelas kontrol sebesar 70. Uji Tukey HSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Berdasarkan uji One Sample t-test menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw dan model NHT sama-sama efektif terhadap pembelajaran IPA kelas IV materi Sumber Daya Alam (SDA). Jika model Jigsaw dan model NHT dibandingkan, hasil uji-t menunjukkan bahwa model Jigsaw tidak lebih efektif dari model NHT. Saran penulis yaitu hendaknya guru dapat memilih dan menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Jigsaw dan Model NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 15:30
Last Modified: 05 Jun 2018 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31257

Actions (login required)

View Item View Item