PENGARUH FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN II KECAMATAN AMPELGADING


Puji Rahayu , 1401413077 (2017) PENGARUH FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN II KECAMATAN AMPELGADING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413077.pdf]
Preview
PDF
Download (646kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tingkat kemampuan siswa yang diperoleh setelah ia menerima pengalaman belajar yang diukur dari tes megenai sejumlah materi pelajaran. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar di antaranya fasilitas dan lingkungan belajar di sekolah. Fasilitas dan lingkungan belajar yang berada di sekolah merupakan faktor eksternal yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Dabin II Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Dabin II Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, sebanyak 247 siswa. Sampel penelitian sebanyak 146 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, interview, dan kuesioner atau angket. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefesien determinan (R2), dan uji koefesien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan lingkungan belajar yang ditunjukkan dengan rhitung>rtabel (0,561>0,161); (2) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (4,925>1,976); (3) ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (5,414>1,976); (4) ada pengaruh yang signifikan fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (18,041 > 3,059); (5) besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar 14,4%; (6) besarnya pengaruh lingkungan belajar guru terhadap hasil belajar 16,9%; dan (7) besarnya pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar 20,1%. Berdasarkan perhitungan, ada pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Saran peneliti adalah guru dan sekolah hendaknya menyediakan dan mengelola dengan baik fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa, serta meningkatkan kualitas lingkungan belajar yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar; hasil belajar; lingkungan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 14:42
Last Modified: 05 Jun 2018 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31250

Actions (login required)

View Item View Item