KEEFEKTIFAN MODEL TGT DAN NHT BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MELATI GEBOG KUDUS
Laksmita Aulia Bestari , 1401413063 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TGT DAN NHT BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MELATI GEBOG KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model TGT berbasis teori Van Hiele dengan model NHT berbasis teori Van HIele dan STAD sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus Melati Gebog Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Melati berjumlah 82 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas V SDN 1 Karangmalang (kelas eksperimen 1 dengan model TGT berbasis teori Van Hiele) terdiri dari 28 siswa, kelas V SDN 3 Karangmalang (kelas eksperimen 2 dengan model NHT berbasis teori Van Hiele) terdiri dari 28 dan kelas V SDN 2 Karangmalang (kelas kontrol) terdiri dari 13 siswa. Data dianalisis menggunakan uji proporsi, uji t-test, uji gain dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) model TGT berbasis teori Van Hiele lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas V SDN Gugus Melati daripada model pembelajaran STAD. Rata-rata nilai postest kelas eksperimen 1 lebih besar daripada kelas kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen I sebesar 85,25 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 79,076. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (3,849) > ttabel (1,68); (2) model NHT berbasis teori Van Hiele lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN Gugus Melati daripada model pembelajaran STAD. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 2 lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen 2 sebesar 83,107 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 79,076. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (2,67) > ttabel (1,68); dan (3) model TGT berbasis teori Van Hiele lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran Matematika V SDN Gugus Melati daripada model NHT berbasis teori Van Hiele. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 1 lebih besar dibandingkan kelas eksperimen 2. Mean posttest kelompok eksperimen 1 sebesar 85,25 dan mean posttest kelas eksperimen II sebesar 83,107. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (2,38) > ttabel (1,67). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa model TGT berbasis teori Van Hiele lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD daripada model NHT berbasis teori Van Hiele maupun STAD.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keefektifan, Matematika, NHT, teori Van Hiele, TGT. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 13:50 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 13:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31244 |
Actions (login required)
View Item |