KEEFEKTIFAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN JEPARA


Mochammad Ronio Gunawan , 1401413056 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413056.pdf]
Preview
PDF
Download (578kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model TGT terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN Gugus Ahmad Yani Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 61 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang terdiri dari 28 siswa kelas III SDN Gerdu (kelas eksperimen) dan 33 siswa kelas III SDN Karangrandu 3 (kelas kontrol). Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Variabel bebasnya adalah Model Pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan uji z, uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model TGT efektif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Gugus Ahmad Yani pada mata pelajaran matematika. Pada siswa kelas eksperimen 75% dari keseluruhan siswa telah mencapai KKM daripada kelas kontrol hasil zhitung pada kelas eksperimen (2,708). Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,45 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 57. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,707) > ttabel (1,728) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan TGT lebih besar daripada GI. Hasil uji N-Gain kelas kontrol sebesar 0,44 (sedang), sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,61 (sedang). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa TGT lebih efektif daripada GI. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi ajar, jenjang kelas, kondisi siswa dan kelas. Untuk siswa, hendaknya lebih aktif dalam berpartisipasi supaya pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, TGT, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:36
Last Modified: 05 Jun 2018 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31239

Actions (login required)

View Item View Item