KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA LEGO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN PERBANDINGAN SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL


Nisfi Wahyu Maela , 1401413052 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA LEGO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN PERBANDINGAN SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413052.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat berpikir siswa kelas V SD berada pada tahap operasional konkret sehingga lebih mudah memahami materi dengan bermain kelompok. Selain itu, siswa belum mampu memahami materi yang bersifat abstrak, oleh sebab itu diperlukan model dan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi dan meningkatkan minat belajar. Model pembelajaran berbasis kelompok adalah Teams Games Tournament yang termasuk dalam pembelajaran kooperatif. Penerapan model ini melibatkan siswa yang mengakibatkan pembelajaran bermakna. Kelebihan model ini adalah berkembangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan bersosialisasi. Selain itu, pembelajaran matematika memerlukan media, salah satu media yang tepat adalah lego. Media ini berbentuk visual tiga dimensi. Media lego dapat memudahkan siswa membentuk abstraksi, sehingga siswa memahami konsep materi. Perpaduan model TGT dan media lego membuat pembelajaran bermakna dan menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model TGT berbantu media lego terhadap minat dan hasil belajar matematika materi pecahan dan perbandingan siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan populasi 52 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampel jenuh. Variabel penelitian berupa model TGT berbantu lego, minat, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa (Independent Sample T Test) diperoleh nilai yaitu 3,246 > 2,009 (thitung > ttabel) dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Berdasarkan uji hipotesis hasil belajar diperoleh nilai 4,508 > 2,009 (thitung > ttabel) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Uji hubungan antara variabel terikat (Product Moment) menunjukkan nilai (r) adalah 0,332 berarti ada hubungan di rentang 0,20-0,399. Uji keefektifan (One Sample T Test) menunjukkan thitung > ttabel (4,120 > 2,060). Jadi, dapat disimpulkan bahwa model TGT berbantu lego efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika materi pecahan dan perbandingan siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal. Saran bagi peneliti lanjutan yang ingin melakukan penelitian sejenis, hendaknya mengkaji lebih cermat terkait kelebihan dan kelemahan model TGT dan lebih merancang strategi pembelajaran terkait perpaduan model TGT berbantu Lego.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lego, Minat, Hasil Belajar Matematika, Model Teams Games Tournament
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:01
Last Modified: 05 Jun 2018 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31236

Actions (login required)

View Item View Item