KEEFEKTIFAN REKREASI MATEMATIKA DETIK TERHADAP SKOR TOSM LEVEL A1 DAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI KEPANDEAN 3


Intan Khairunisa , 1401413050 (2017) KEEFEKTIFAN REKREASI MATEMATIKA DETIK TERHADAP SKOR TOSM LEVEL A1 DAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI KEPANDEAN 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413050.pdf]
Preview
PDF
Download (914kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar guru hanya menerapkan metode konvensional sehingga siswa menjadi kurang tertarik pada pelajaran matematika. Selain itu, siswa tidak mampu untuk fokus dalam waktu yang cukup lama, terutama saat mengerjakan soal. Dalam hal ini, PPMD membuat lembar ukur TOSM untuk meningkatkan daya tahan kefokusannya dan mengukur kecepatan siswa dalam berhitung dasar. Rendahnya semangat guru untuk berinovasi dan rendahnya daya tahan kefokusan siswa berdampak pada rendahnya skor TOSM level A1 dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan Rekreasi Matematika Detik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode Rekreasi Matematika Detik dibandingkan dengan metode konvensional pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 65 siswa kelas V SDN Kepandean 3, yang terdiri dari 33 siswa kelas VA dan 32 siswa kelas VB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data skor TOSM level A1 menggunakan independent samples t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,031 > 1,998) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,127 > 1,998). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara skor TOSM level A1 dan hasil belajar yang menggunakan metode Rekreasi Matematika Detik dengan yang menggunakan metode konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data skor TOSM level A1 menggunakan one sample t test diperoleh thitung > ttabel (2,782 > 2,037) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,288 > 2,037). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa skor TOSM level A1 dan hasil belajar yang menggunakan Rekreasi Matematika Detik lebih baik daripada yang menggunakan metode konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Rekreasi Matematika Detik efektif terhadap peningkatan skor TOSM level A1 dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kepandean 3 pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Rekreasi matematika detik, skor TOSM level A1
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 12:58
Last Modified: 05 Jun 2018 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31235

Actions (login required)

View Item View Item