PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS MAHESA JENAR KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG


TRIFOSA VENI SEPTIA , 1401413020 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS MAHESA JENAR KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413020.pdf]
Preview
PDF
Download (932kB) | Preview

Abstract

Survei dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyatakan bahwa pendidikan di Indonesia menempati peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia disebabkan oleh hasil belajar siswa di beberapa mata pelajaran tergolong rendah, salah satunya adalah mata pelajaran IPS. Hal tersebut didukung oleh data hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Mahesa Jenar Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan regulasi pendidikan. Guru sering menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Oleh karena itu, pembelajaran menjadi pasif, kurang menyenangkan, serta kurang memotivasi. Berdasarkan masalah tersebut, Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keunggulan model pembelajaran Mind Mapping dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, (3) menguji pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Gugus Mahesa Jenar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD N Lodoyong 03 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas V SD N Lodoyong 02 sebanyak 32 siswa. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai thitung (14,152) > ttabel (1,672). Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 33, rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah 76. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,64 dalam kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 39 dan rata-rata posttest sebesar 45. Peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,10 dalam kategori rendah. Simpulannya bahwa model pembelajaran Mind Mapping lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction, terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD. Guru dan siswa diharapkan untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran di kelas dan untuk model mencatat sehari-hari agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mutu sekolah dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS; Model Pembelajaran Mind Mapping.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 12:47
Last Modified: 31 May 2018 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31220

Actions (login required)

View Item View Item