PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA AKSARA JAWA EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKARAN 02 SEMARANG


Ikka Nurlita , 1401413019 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA AKSARA JAWA EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKARAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413019.pdf]
Preview
PDF
Download (805kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang sudah dilaksanakan di kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang melalui data dokumentasi, wawancara, dan data nilai ulangan harian bahwa hasil belajar Bahasa Jawa rendah. Disebabkan oleh pembelajaran yang belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kebutuhan guru. Terlebih untuk materi aksara jawa yang masih menggunakan media biasa yaitu media cetak aksara jawa. Sehingga memutuhkan adanya suatu media pembelajaran yang membuat siswa lebih antusias dalam pembelajaran aksara jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran ular tangga aksara jawa edukatif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa di SDN Sekaran 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Reseach and Development (R&D) dengan metode pengembangan waterfall SDLC Youssef Bassil. Tahapan pengembangan meliputi Analysis, Design, Implementation, Testing, dan Maintenance. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Sekaran 02 Semarang yang menggunakan sampel jenuh untuk seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, data dokumentasi, pretest dan postest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga aksara jawa edukatif berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif Bahasa Jawa yang dibuktikan dengan perbedaan rata–rata pemahaman siswa melalui uji t paired sampel ditunjukkan dengan t hitung < t tabel ( t hitung = -7,080 dan t tabel 2,051) dengan taraf signifikan 0,5%, dan peningkatan rata – rata N-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media pembelajaran ular tangga aksara jawa edukatif, efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang. Saran untuk penelitian ini, guru sebaiknya memberikan umpan balik disepanjang permainan ular tangga aksara jawa untuk melatih konsentrasi siswa dan mengetahui sejauh mana siswa paham terhadap materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aksara jawa; bahasa jawa; pengembangan media; ular tangga.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 12:39
Last Modified: 31 May 2018 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31219

Actions (login required)

View Item View Item