HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN GUGUS KRISNA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG
AVIS YUDHA IRFAN ARDIANTO , 1401412355 (2017) HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN GUGUS KRISNA KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (894kB) | Preview |
Abstract
Manajemen kelas merupakan suatu usaha atau upaya yang dilakukan guru dalam mengkondisikan dan mengoptimalkan berbagai sumber belajar (siswa, sarana prasarana, lingkungan) agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Setiap guru memiliki cara dalam merencanakan strategi manajemen kelas disesuaikan dengan karakteristik siswa agar dapat membuat suasana belajar seefektif mungkin untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Hasil belajar yang difokuskan dalam penelitian ini adalah hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran yang di UN kan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa di SDN Gugus Krisna Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa di SDN Gugus Krisna Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas III, IV, dan V SDN Gugus Krisna Kecamatan Semarang Barat yang berjumlah 33 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel 33 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik non-test dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, korelasi product moment, dan koefisien determinasi (KD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas di SDN Gugus Krisna Kecamatan Semarang Barat termasuk kategori sedang dan hasil belajar siswa termasuk baik. Hasil perhitungan korelasi product moment menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,524 > 0,344). Besar koefisien determinasi (KD) adalah 27,5%, ini berarti manajemen kelas menentukan hasil belajar sebesar 27,5%, sedangkan 72,5% lainnya ditentukan oleh faktor lain. Besar korelasi antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa, dan kategori sedang. Saran bagi sekolah terutama guru agar meningkatkan pelaksanaan manajemen kelas, bukan hanya dengan pengaturan ruang kelas tapi juga penanggulangan masalah yang timbul dari siswa agar pembelajaran lebih optimal sehingga hasil belajar meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen kelas, hasil belajar, sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2018 17:49 |
Last Modified: | 30 May 2018 17:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31208 |
Actions (login required)
View Item |