PENGEMBANGAN INTRUMEN PENILAIAN MENDENGARKAN SANDIWARA BAHASA JAWA SMP KELAS IX BERBASIS KULTURAL DI KOTA SEMARANG


Dian Prastya , 2601412128 (2017) PENGEMBANGAN INTRUMEN PENILAIAN MENDENGARKAN SANDIWARA BAHASA JAWA SMP KELAS IX BERBASIS KULTURAL DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601412128.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Penilaian mendengarkan sandiwara bahasa Jawa di sekolah belum bervariasi. Instrumen penilaian yang digunakan hanya sebatas mengerjakan soal uraian singkat, padahal masih banyak bentuk soal yang dapat digunakan sebagai instrumen penilaian untuk siswa. Instrumen penilaian mendengarkan sandiwara bahasa Jawa hendaknya disesuaikan dengan tes keterampilan mendengarkan wacana sastra. Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Kebutuhan guru terhadap instrumen penilaian mendengarkan sandiwara, (2) Draf instrumen penilaian mendengarkan sandiwara, (3) Hasil uji ahli instrumen penilaian mendengarkan sandiwara . Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan guru terhadap instrumen penilaian mendengarkan sandiwara, menyusun draf instrumen penilaian mendengarkan sandiwara, serta mendeskripsikan hasil uji ahli instrumen penilaian mendengarkan sandiwara. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jawa SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, dan SMP Negeri 9 Semarang. Teknik penelitian yang digunakan berupa wawancara tentang kebutuhan guru dan angket uji alhi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini berupa deskripsi kebutuhan guru, rekaman sandiwara Pangeran mangkubumi (Pandaran II) dan instrumen penilaian mendengarkan sandiwara yang sesuai dengan tes keterampilan mendengarkan serta tes kesastraan. Guru membutuhkan intrumen penilaian mendengarkan dengan bentuk soal yang lebih variatif. Bentuk soal berupa pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, mengisi tabel, uraian terbatas, melengkapi wacana rumpang, mendeskripsikan tokoh, mendeskripsikan gambar, dan menceritakan kembali. Hasil uji ahli menyatakan bahawa instrumen layak digunakan dengan revisi. Revisi yang dilakukan, meliputi; kejelasan rekaman sandiwara, perbedaan suara antar tokoh, dan penekan alur cerita. Guru sebaiknya menggunakan instrumen penilaian mendengarkan sandiwara berbasis kultural dan perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk menguji keefktifan intrumen penilaian mendengarkan sandiwara ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: mendengarkan sandiwara, instrumen penilaian.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 30 May 2018 17:19
Last Modified: 30 May 2018 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31201

Actions (login required)

View Item View Item