PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02
HENDRO PRABOWO , 1401411543 (2017) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (729kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan refleksi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sekaran 02 ditemukan permasalahan kualitas pembelajaran rendah ditunjukkan dengan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, guru kesulitan dalam mengendalikan kelompok besar dan keterbatasan media pembelajaran yang digunakan sehingga hasil belajar rendah. Sebanyak 16 siswa dari 26 siswa mendapat nilai dibawah KKM yaitu 65. Adapun solusi permasalahan yaitu dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media Audio Visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Sekaran 02? Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sekaran 02. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes meliputi obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningatan keterampilan guru setiap siklus berturut-turut 27,5 (baik) dan 37 (sangat baik). Aktivitas siswa meningkat setiap siklus berturut-turut 20,65 (cukup) dan 28,9 (sangat baik). Iklim pembelajaran meningkat setiap siklus berturut-turut 6 (baik) dan 7,5 (sangat baik). Kualitas media pembelajaran meningkat setiap siklus berturut-turut 18 (baik) dan 22 (sangat baik). Hasil belajar ranah kognitif setiap siklus berturut-turut memperoleh nilai rata-rata 65,77 (ketuntasan klasikal 65,38%) dan 78 (Ketuntasan klasikal 88,5%). Hasil belajar ranah keterampilan setiap siklus berturut-turut memperoleh skor 3,3 kategori sangat baik (ketuntasan klasikal 90,38%) dan 3,64 kategori sangat baik (ketuntasan klasikal 100%). Hasil belajar ranah sikap spiritual setiap siklus berturut-turut memperoleh skor 6,02 kategori baik (ketuntasan klasikal 88,45%) dan 6,73 kategori sangat baik (ketuntasan klasikal 98,5%). Hasil belajar ranah sikap sosial setiap siklus berturut-turut memperoleh skor 5,35 kategori baik (ketuntasan klasikal 74,95%) dan 6,56 kategori sangat baik (ketuntasan klasikal 96,5%). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share (TPS) berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Sekaran 02. Saran yang dapat diberikan adalah pemberian penguatan kepada siswa yang lebih beragam, mempersiapkan media audio visual dengan optimal, baik meliputi audio maupun visualisasinya, umpan balik dilakukan bervariasi, dan menyampaikan materi yang harus dipelajari selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, Media Audio Visual, Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2018 16:48 |
Last Modified: | 30 May 2018 16:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31197 |
Actions (login required)
View Item |