PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TIME TOKEN DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS VA SD ISLAM SITI SULAECHAH SEMARANG


ANIS DWIASTI , 1401410288 (2017) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TIME TOKEN DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS VA SD ISLAM SITI SULAECHAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410288.pdf]
Preview
PDF
Download (792kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPSdirancang mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat. Hasil refleksi awal menunjukkan rendahnya kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SD Islam Siti Sulaechah Semarang, yaitu guru belum melakukan pembelajaran inovatif, pengguanaan media dan penguatan belum maksimal, menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan rata-rata ulangan harian hanya mencapai 45,46%. Rumusan masalah dalam penelitianyaitu apakah model quantum teachingberbantuan permainan edukatif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar melalui model quantum teachingberbantuan permainan edukatif. Rancangan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Penelitian terdiri atas dua siklussetiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan22 siswa kelas VA SD Islam Siti Sulaechah Semarang,. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru meningkat, siklus I pertemuan 1 memperolehskor 26 kategori baik, siklus I pertemuan 2 memperoleh skor 29 kategori baik, siklus II pertemuan 1 memperoleh skor 34 kategori sangat baik, siklus II pertemuan 2 memperoleh skor 35 kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat, siklus I pertemuan 1memperoleh skor 14,5 kategori cukup, siklus I pertemuan 2 memperoleh skor 16,8 kategori baik, siklus II pertemuan 1 memeperoleh skor 20,1 kategori baik, siklus II pertemuan 2 memperoleh skor 22,4 kategori baik. Persentase ketuntasanpembelajaran IPS meningkat, siklus I pertemuan 1 59,09%, siklus I pertemuan 2 63,63%, siklus II pertemuan 1 72,72%, silkus II pertemuan 2 81,81%. Simpulan dari penelitian adalah pembelajaran IPS melalui model time token dengan media flashcarddapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS. Saran dalam penelitian adalah hendaknya guru menciptakan pembelajaran IPS dengan susana menyenangkan melalui model time token berbantuan permainan edukatif, siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas, sekolah perlu menyediakan sarana yang menunjang untuk mendukung pembelajaran inovatif dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flashcard, kualitas pembelajaran IPS, time token.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 16:40
Last Modified: 30 May 2018 16:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31195

Actions (login required)

View Item View Item