PENGARUH KONTROL DIRI DAN REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 SEMARANG
Krisnowati , 1301413071 (2017) PENGARUH KONTROL DIRI DAN REGULASI EMOSI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (651kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMK Negeri 9 Semarang memiliki tingkat perilaku cyberbullying yang berbeda-beda bentuknya antara satu siswa dengan siswa lainnya. Berdasarkan angket data awal yang disebarkan kepada siswa kelas X diperoleh hasil bahwa 91% siswa pernah melakukan perilaku cyberbullying diantaranya yaitu membajak akun media sosial, memblokir teman di sosial media, menghina seseorang di media sosial, menyindir teman dan bahkan menuliskan komentar di media sosial dengan bahasa kasar dan tidak sopan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian expost facto, dengan jumlah populasi sebanyak 360 siswa dan sampel sejumlah 166 siswa, dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala cyberbullying, skala kontrol diri dan skala regulasi emosi. Koefisien validitas skala-skala tersebut adalah: skala cyberbullying koefisien validitas .248- .665, skala kontrol diri koefisien validitas .261- .723, skala regulasi emosi koefisien validitas .267- .771, dengan nilai croanbach alpha masing-masing variabel > .70. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari analisis regresi menunjukan bahwa (1) ada pengaruh negatif dan signifikan antara kontrol diri terhadap perilaku cyberbullying pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Semarang (T = -13.647, p = .000 < .05) , (2) ada pengaruh negatif dan signifikan antara regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Semarang (T = 2.009, p = .046 < .05), (3) ada pengaruh yang signifikan antara kontrol diri dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Semarang (F = 238.075, p = .000 < .05). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa semakin rendah kontrol diri dan regulasi emosi pada siswa, maka tingkat perilaku cyberbullying pada siswa akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyberbullying;Kontrol Diri; Regulasi Emosi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2018 15:49 |
Last Modified: | 30 May 2018 15:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31188 |
Actions (login required)
View Item |