EVALUASI PROGRAM PEMINATAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 MAGELANG (KAJIAN MODEL EVALUASI CIPP)


Endah Dwi Hastuti , 1301412084 (2017) EVALUASI PROGRAM PEMINATAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 MAGELANG (KAJIAN MODEL EVALUASI CIPP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412084.pdf]
Preview
PDF
Download (991kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peminatan di SMA Negeri 1 Magelang dengan menggunakan model evaluasi Stufflebeam yakni Context, Input, Process, dan Product. Penelitian evaluatif ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yakni Kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, koordinator guru BK, Guru BK dan Staf tata usaha bidang keuangan dengan menggunakan instrumen wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan, disertai triangulasi yaitu sumber dan metode. Analisis menggunakan tehnik analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi komponen context, dari segi tujuan program tercapai dan selaras dengan visi misi serta tujuan sekolah SMA Negeri 1 Magelang, kebijakan sekolah cukup memadai dan memberikan kontribusi dalam pelayanan program peminatan. Input, Personil BK cukup berkompeten, identifikasi peserta didik sesuai dengan regulasi yang mendukung, unit organisasi jelas dan pembagian tugas spesifik, sarana dan prasarana kurang memadai, dan anggaran dana selalu disediakan. Process, implementasi program berjalan dengan optimal, keterlibatan stakeholder, guru bekerjasama dengan berbagai pihak, hambatan yang muncul ruang BK kurang memadai dan complain orangtua. Product, ketercapaian tujuan program, kualitas peserta didik sangat baik, dan respon stakeholder positif dan memberikan kebermanfaatan bagi berbagai pihak. Simpulan dari penelitian ini bahwa evaluasi pelaksanaan program peminatan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Magelang dengan model evaluasi CIPP, bahwa komponen Context, Input dan Process mendukung dan memadai, hanya sarana da prasarana (komponen Input) dalam hal ini ruang BK kurang memadai, serta komponen product sangat tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan saran bagi guru pembimbing terutama dalam pelaksanaan BK di sekolah dalam pelaksanaan program BK peminatan, serta dapat menerapkan model evaluasi berbasis CIPP dalam mengevaluasi program atau layanan Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi program; Model Evaluasi CIPP; Program Peminatan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 17:58
Last Modified: 28 May 2018 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31168

Actions (login required)

View Item View Item